Grafik komputer &
Pengolahan citra
- Grafik komputer adalah salah satu cabang
disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan
menggunakan komputer.
- Pengolahan citra adalah pengolahan
gambar/usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi
citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Perbedaan antara
grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam pengolahan citra, gambar input kedalam
proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer
dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.
Berikut ini adalah
contoh Implementasi dari grafik komputer & pengolahan citradalam bidang di
kehidupan sehari-hari :
1. Bidang
Perancangan : Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat
berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk
mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan
software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung
secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil
tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti
aslinya.
2. Bidang
hiburan : Pada sekarang ini semua acara hiburan di Tv banyak
menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,
iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik
komputer. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film
semakin menarik.
3. Bidang
Pendidikan : Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point
ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa
lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan. tidak hanya teori
saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
4. Computer
Art : Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art
dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan
kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Contoh perangkat lunak yang
digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan
sebagainya.
5. Aplikasi
Permainan : Untuk grafik komputer pada games ini memang sangat
dibutuhkan mulai dari pembuatan awal sampai proses manipulasi dimana pada
prosesnya dapat diterapkan juga dengan teknik pengolahan citra, seperti dalam
pemberian warna pada gambar-gambarnya,agar game tersebut terlihat lebih
menarik. Hampir semua aplikasi permainan itu memanfatkan modus grafik. Aplikasi
permainan itu sendiri terdiri dari, aplikasi strategi aplikasi tembak dan lari
dan masih banyak lagi yang lainnya.
6. Video
Game : Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan
user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada
perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2
dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan
resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang
yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console,
hingga mobile
devices.
devices.
7. Desain
: Dalam proses desain grafika komputer terutama digunakan pada sistem
engineering dan arsitektur. Pada umumnya Computer Aided Design (CAD) digunakan
untuk pembuatan desain mobil, bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer,
tekstil, dan lain-lain. Pada beberapa aplikasi desain, objek ditampilkan dalam
bentuk wireframe, dimana diperlihatkan keseluruhan bentuk, dengan bentuk
internal dari objek tersebut. Penggunaan wireframe bermanfaat bagi designer
untuk melihat isi dari objek tersebut..
8. Computer Aided Desain (CAD) : CAD adalah alat
bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan
engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat,
komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
9. Computer
Aided Software Enginering (CASE) : CASE mirip dengan CAD tetapi
digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan
user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur
program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
10. Virtual
Reality : Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan
begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau
lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek
pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang
ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh
U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan
berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan,
melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
Sumber :
https://muadzach.wordpress.com/2012/10/16/implementasi-grafik-komputer-dalam-kehidupan-sehari-hari/
https://zaenalafandi.wordpress.com/2012/09/27/contoh-implementasi-dari-grafik-komputer-dan-olah-citra-di-kehidupan-sehari-hari/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar