Proses-proses
desain layanan yang berfokus pada Kontrol Operasional
Meliputi :
Ø Manajemen Pedoman Layanan
Ø Manajemen Tingkatan Layanan
Ø Manajemen Kapasitas
Ø Koordinasi Desain
Ø Mnajemen Ketersediaan
Ø Mnajemen Kontinuitas IT
Keuntungan
pebisnis menggunakan desain layanan
Seperti :
·
Rendahnya
biaya layanan karena biaya dukungan dan tambahan yang lebih rendah
·
Layanan
yang secara konsisten menyediakan mutu yang dibutuhkan dari kualitas dan
keselarasan untuk bisnis dan kebutuhan pelanggan
·
Pengenalan
layanan baru dan perubahan yang lebih cepat dan lebih mudah
·
Pemerintahan
yang lebih baik untuk memastikan kepatuhan hukum dan peraturan dan pedoman
perusahaan
·
Kemampuan
pengukuran yang lebih baik untuk mendukung pengambilan keputusan dan kemajuan
yang terus-menerus
Aspek-aspek
utama desain layanan
Meliputi :
v Pengenalan dari layanan baru / lama
melalui identifikasi akurat dari kebutuhan bisnis dan definisi kebutuhan
layanan yang disetujui
v Layanan sistem manajemen dan
alat-alat seperti portofolio layanan, memastikan saling konsisten dengan
layanan lainnya
v Kemampuan teknologi arsitektur dan
manajemen sistem
v Kemampuan dari semua proses, bukan
hanya yang terdapat di desain layanan, untuk mengoperasikan dan memelihara
layanan baru / lama
v Merancang metode pengukuran yang
sesuai dan perlu untuk analisa kinerja dari layanan, pembuatan keputusan yang
meningkat, dan peningkatan yang terus-menerus
Tujuan dari
Desain Layanan
ü Untuk merancang layanan yang bukan
hanya memuaskan bisnis dan tujuan pemegang saham dalam segi kualitas, kemudahan
penggunaan, pemenuhan dan keamanan, tapi juga meminimalisisr total biaya
kepemilikan
ü Untuk merancang kebijakan yang
efektif dan efisien, rencana, proses, arsitektur dan kerangka untuk mengatur
layanan di seluruh siklus hidupnya
ü Untuk mendukung layanan transisi
dalam mengidentifikasi dan mengatur resiko terkait dengan mengenalkan layanan
baru/ lama
ü Untuk merancang layanan pengukuran
untuk menilai efisiensi dan efektifitas dari desain layanan dan kirimannya
ü Untuk membantu untuk peningkatan
layanan terutama dengan merancang dalam fitur dan keuntungan dan lalu
menganggapi peningkatan kesempatan yang dikenali dari lingkungan operasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar